DomaiNesia

Cara Mengatasi Sakit Perut Secara Alami Lebih Murah dan Praktis

Cara Mengatasi Sakit Perut
unsplash.com
DomaiNesia

Cara mengatasi sakit perut harus tepat alias sesuai dengan faktor penyebabnya. Jadi, tidak harus mengatasi sakit perut dengan obat.

Cara Mengatasi Sakit Perut
unsplash.com

Cara Mengatasi Sakit Perut Tanpa Harus Konsumsi Obat

Sakit perut secara tiba-tiba memang menjengkelkan. Tentu hal ini bisa mengganggu semua aktivitas.

Jika selama ini sering mengalami sakit perut dan selalu mengakhiri dengan konsumsi obat, kini cobalah cara-cara sederhana berikut ini.

Tidak Berbaring

Tidak berbaring ketika mengalami sakit perut menjadi pertolongan paling ampuh. Jika Anda nekat membaringkan badan, maka perut bisa bertambah sakit.

Ketahuilah jika posisi ini refleks akan memicu asam lambung keluar sehingga sakit perut semakin bertambah. Sebaiknya lakukan aktivitas ringan dan hindari berbaring hingga sakit perut reda.

Kompres dengan Air Panas

Mual dan sakit perut juga bisa berkurang dengan mengompresnya. Gunakan botol kaca bekas kemudian isilah dengan air hangat. Letakkan beberapa saat di perut hingga sakitnya reda.

Selain itu, Anda juga bisa menggunakan kantong panas. Jika dalam kondisi hangat maka sakit perut akan reda dengan sendirinya.

Mandi Air Hangat

Mandi air hangat merupakan metode relaksasi tepat ketika Anda mengalami sakit perut. Stress menjadi sedikit berkurang sehingga mempengaruhi kinerja saluran cerna.

Bukan tidak mungkin kembung akan teratasi dengan baik. Ini karena otot-otot di area perut yang tadinya tegang bisa kembali rileks.

Minum Air Hangat

Selain mandi, minum air putih hangat juga menjadi cara efektif mengatasi sakit perut. Air hangat akan membersihkan racun yang bersarang di dalam tubuh.

Biasakan minum segelas air putih hangat sesaat setelah bangun tidur untuk membersihkan racun sisa metabolisme yang menjadi salah satu penyebab sakit perut.

Memijat Telapak Kaki

Cara menghilangkan sakit perut tanpa obat yang belum banyak orang tahu adalah memijat telapak kaki kiri. Teknik memijatnya pun mudah.

Beri pijatan dengan cara sedikit menekannya tepat di bagian lengkungan tengah kaki. Terapkan cara ini secara bergantian antara kaki kiri dan kanan.

Konsumsi Jahe

Jahe bisa diandalkan mengatasi sakit perut. Ini karena jahe memiliki kandungan anti inflamasi cukup tinggi.

Anda bisa menyeduhnya dengan air panas, merebusnya, atau langsung mengunyahnya. Bila ingin praktis, konsumsi suplemen jahe yang kini bisa Anda menemukan di warung-warung terdekat.

Air Kelapa

Air kelapa mengandung kalium dan magnesium. Kedua kandungan tersebut efektif meredakan nyeri, kram, dan kejang pada otot, hingga sakit perut.

Minum air kelapa akan membantu mengatasi radang yang terjadi pada perut. Biasanya, radang pada perut karena perut tidak sempurna menyerap air dan gula yang terdapat di makanan kering.

Ini juga menjadi penyebab perut kehilangan magnesium, kalium, dan natrium. Air kelapa mengandung enzim bioaktif yang diklaim ampuh mengobati masalah pencernaan dan sembelit.

Konsumsi Teh Herbal

Teh herbal, seperti teh chamomile bersifat anti inflamasi sehingga tak salah jika menjadi obat alami meredakan sakit perut. Dengan perannya tersebut, maka otot perut menjadi rileks kembali.

Konsumsi teh chamomile juga akan membantu mengurangi kontraksi makanan yang berasal dari lambung dan usus kecil. Minum teh herbal selagi masih hangat, dan tunggu beberapa saat maka sakit perut akan sembuh.

Bila cara mengatasi sakit perut di atas sudah Anda coba tetapi tidak kunjung membaik, segera kunjungi dokter. Terlebih apabila Anda seringkali merasakan hal tersebut. Bisa jadi ini merupakan gejala masalah kesehatan atau penyakit yang lebih serius. Dengan mengunjungi fasilitas kesehatan maka akan segera mendapatkan penanganan dengan tepat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *